dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar kelas III
MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan
menggunakan metode bercerita dan media panggung boneka.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III
MIS Siratul Jannah Tahun 2021/2022, sejumlah 25 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model
interaktif.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas
belajar peserta didik. Hal ini di buktikan dengan kriteria ketuntasan minimal
(KKM) sebesar 70 diperoleh rata-rata aktivitas belajar peserta didik adalah
55. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil aktivitas
belajar peserta didik adalah 70,2. Selanjutnya pada siklus II mengalami
peningktan dengan rata-rata hasil aktivitas belajar peserta didik meningkat
menjadi 83,2.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode
bercerita dengan media panggung boneka dapat meningkatkan aktivitas
belajar peserta didik kelas III MIS Siratul Jannah Desa Kuala Dua Tahun
2021/2022. |
en_US |