dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya waktu dalam proses
pembelajaran oleh guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran di sekolah. Maka
dari itu, peneliti menggunakan aplikasi quizizz yang dimanfaatkan sebagai sarana
untuk menguji pemahaman peserta didik. Berkaitan dengan kondisi tersebut,
peneliti menawarkan penyelesaian masalah penelitian dengan judul yang
bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Strategi Teams Games Tournament
Berbantuan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Tema 2 Subtema 3 di Kelas
IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian
Post-test Only Control Group Design. Dalam penelitian ini terdapat dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih
secara acak. Pada kelompok eksperimen di beri perlakuan dengan menggunakan
aplikasi quizizz sedangkan kelompok kontrol tidak di beri perlakuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan aplikasi quizizz
oleh guru dalam pembelajaran berbasis teams games tournament terhadap hasil
belajar pada tema 2 subtema 3 di kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 1
Pontianak disesuaikan dengan prosedur pelaksanaan dengan persentase 100%
dengan kategori sangat baik, (2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen
memperoleh rata-rata sebesar 85,05 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
dengan rata-rata sebesar 67,61. Data tersebut menunjukkan adanya perbedaan
antara hasil belajar kelas eksperimen yang di beri perlakuan menggunakan
aplikasi quizizz dengan kelas kontrol yang tidak di beri perlakuan, (3) Besarnya
pengaruh penggunaan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar dapat di lihat dari uji
regresi linier. Dimana nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 23,9% dengan
kategori kecil yang jika dibandingkan dengan kriterianya independen terhadap
variabel dependen yang dapat diterangkan. Sedangkan sisanya sebesar 76,1%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam regresi. |
en_US |