dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan hasil kemampuan
membaca dan menulis siswa menggunakan penerapan strategi picture and picture
berbantu media permainan kartu kata bergambar kelas II SDN 11 Pangkalan
Kongsi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain dalam
penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 11 Pangkalan Kongsi sebanyak
37 siswa yang terdiri 21 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data
kuantitatif dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh
menggunakan rumus mean dan presentase ketuntasan. Indikator keberhasilan
siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca dan menulis dengan
ketuntasan siswa mencapai 81%-100%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan penerapan strategi picture and picture berbantu media permainan
kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis
siswa. Meningkatnya kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran
ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa membaca pra
tindakan sebesar 48,64% sedangkan dilihat dari nilai menulis persentase kelas pra
tindakan sebesar 45,94% dari nilai persentase membaca pada siklus I sebesar
67,56% sedangkan persentase menulis pada siklus I sebesar 64,86% dan
presentase membaca meningkat menjadi 83,78% pada siklus II dan persentase
menulis meningkat menjadi 81,08%. Sedangkan rata-rata membaca pada prasiklus
sebesar 64,91 dan rata-rata menulis prasiklus sebesar 64,78 nilai rata-rata siklus I
membaca sebesar 71,02 menulis sebesar 65 meningkat menjadi membaca sebesar
78,29 dan menulis 74,83 pada siklus II. Hasil tersebut ini sudah melampaui
indikator yang ditetapkan yaitu 81%-100%. Dari hasil observasi siswa juga
mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50,83% meningkat menjadi 69,95%
pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi picture and
picture berbantu media permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan
kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II SDN 11 Pangkalan Kongsi. |
en_US |