PENERAPAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS II SDN 11 PANGKALAN KONGSI KECAMATAN TEBAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hidayat, Moh. Yusuf
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.author Nurhasanah, Nurhasanah
dc.date.accessioned 2023-04-14T03:16:52Z
dc.date.available 2023-04-14T03:16:52Z
dc.date.issued 2022-03-22
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2730
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi untuk meningkatkan hasil kemampuan membaca dan menulis siswa menggunakan penerapan strategi picture and picture berbantu media permainan kartu kata bergambar kelas II SDN 11 Pangkalan Kongsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 11 Pangkalan Kongsi sebanyak 37 siswa yang terdiri 21 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang diperoleh menggunakan rumus mean dan presentase ketuntasan. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca dan menulis dengan ketuntasan siswa mencapai 81%-100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan penerapan strategi picture and picture berbantu media permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa. Meningkatnya kemampuan membaca dan menulis dalam pembelajaran ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa membaca pra tindakan sebesar 48,64% sedangkan dilihat dari nilai menulis persentase kelas pra tindakan sebesar 45,94% dari nilai persentase membaca pada siklus I sebesar 67,56% sedangkan persentase menulis pada siklus I sebesar 64,86% dan presentase membaca meningkat menjadi 83,78% pada siklus II dan persentase menulis meningkat menjadi 81,08%. Sedangkan rata-rata membaca pada prasiklus sebesar 64,91 dan rata-rata menulis prasiklus sebesar 64,78 nilai rata-rata siklus I membaca sebesar 71,02 menulis sebesar 65 meningkat menjadi membaca sebesar 78,29 dan menulis 74,83 pada siklus II. Hasil tersebut ini sudah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 81%-100%. Dari hasil observasi siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 50,83% meningkat menjadi 69,95% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi picture and picture berbantu media permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas II SDN 11 Pangkalan Kongsi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan membaca dan menulis en_US
dc.subject strategi picture and picture en_US
dc.subject media kartu kata bergambar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA PERMAINAN KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DI KELAS II SDN 11 PANGKALAN KONGSI KECAMATAN TEBAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account