Abstract:
Tujuan penelitian yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah lokasi
berpengaruh terhadap minat masyarakat non-muslim menjadi nasabah pada
bank kalbar syariah cabang kabupaten Ketapang, 2) Untuk mengetahui
apakah pelayanan berpengaruh terhadap minat masyarakat non-muslim
menjadi nasabah pada bank kalbar syariah cabang kabupaten Ketapang, 3)
Untuk mengetahui apakah promosi berpengaruh terhadap minat masyarakat
non-muslim menjadi nasabah pada bank kalbar syariah cabang kabupaten
Ketapang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian
ini adalah masyarkat non muslim kabupaten ketapang. Dalam penelitian ini
diambil sampel sebanyak 96 responden dengan metode kuesioner dan
observasi terhadap masyarakat non muslim kabupaten ketapang. Metode
analisis yang digunakan adalah uji instrument pernyataan dengan
menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji variable dan analisis regresi
linier berganda serta uji hipotesis dengan uji parsial ( uji T ) dan koefisien
determinasi menggunakan sebuah alat pengolahan data menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh
positif dan siginifikan lokasi terhadap minat masyarakat non-muslim, hal ini
dapat dilihat dari signifikan lokasi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari
tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dapat dilihat dari thitung
sebesar 15,068 yang berarti thitung > ttabel yaitu 1,66088. 2) Terdapat
pengaruh positif dan signifikan pelayanan terhadap minat masyarakat nonmuslim, hal ini dapat dilihat dari signifikan pelayanan sebesar 0,000 yang
berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu 0,05. Dapat
dilihat dari thitung sebesar 40,240 yang berari thitung > ttabel yaitu 1,66088. 3)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan promosi terhadap minat
masyarakat non-muslim, hal ini dapat dilihat dari signifikan promosi sebesar
0,000 yang berarti lebih kecil dari tingkat signifikansi yang digunakan yaitu
0,05. Dapat dilihat dari thitung sebesar 40,267 yang berarti thitung > ttabel yaitu
1,66088.
Lokasi, Pelayanan, Promosi berpengaruh positif dan signifikan
Terhadap Minat Masyarakat Non-muslim Menjadi Nasabah Bank Kalbar
Syariah Cabang Ketapang.