NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BERDEMOKRASI: ANALISIS TENTANG PERILAKU PEMILIH MUSLIM DESA PASAK KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMILIHAN BUPATI KUBU RAYA 2018

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.author Maulana, Syaiful
dc.date.accessioned 2023-04-12T05:32:12Z
dc.date.available 2023-04-12T05:32:12Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2715
dc.description.abstract Penelitian Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Berdemokrasi: Analisis Perilaku Pemilih Muslim Desa Pasak Kecamatan Sungai Ambawang Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Pemilihan Bupati Kubu Raya 2018 dilatari fakta bahwa pendidikan demokrasi masih perlu dilakukan kajian, dan demokrasi merupakan bagian penting kajian pendidikan Islam. Asas demokrasi di Indonesia yaitu Luber: Langsung, Umum, Bebas, Rahasia; dan Jurdil: Jujur, dan Adil. Demokrasi dalam pendidikan Islam juga wujud dalam bentuk pengarustamaan nilai-nilai as-Syura, al-‘Adalah, al-Musawah, al-Amanah, al-Mas’uliyyah, dan al-Hurriyyah. Masyarakat diharapkan menjunjung prinsip dasar demokrasi dan melek politik dilandasi keterbukaan, kejujuran, toleransi, kebebasan, keadilan, kesetaraan dan pemikiran kritis. Sehingga rumusan sub masalah yaitu apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam demokrasi dan bagaimana perilaku demokrasi pemilih Muslim Desa Pasak perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam demokrasi dan mengetahui perilaku demokrasi pemilih Muslim Desa Pasak. Pendekatan digunakan yaitu deskriptif-analitik dan empirical approach. Fokus penelitian di Desa Pasak, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Sumber data yaitu pemuka agama, tokoh masyarakat, dokumen resmi dari pemerintah Desa Pasak, dan hasil penelitian terdahulu. Informan yaitu Ust. Effendi, S.Ag, Ust. Maryadi, S.Pd, Ust. Kuzairi, S.Pd.I, Ust. Munawar, Asroqi, dan Ilham. Teknik pengumpulan data yaitu studi dokumenter, observasi tidak langsung, dan in-depth interview. Teknik analisis data menggunakan content analisis dan analisis data interaktif Miles dan Huberman. Sistematika tesis dimulai dari pendahuluan, landasan teoritis, metodologi, pembahasan, dan penutup. Penelitian ini mendapati Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam berdemokrasi pada warga Desa Pasak adalah nilai kerjasama dan gotong royong, persaudaraan, silaturahmi, kejujuran, dan keadilan. Perilaku demokrasi pemilih muslim Desa Pasak berpegang teguh pada prinsip ukhuwah basyariyah, ukhuwah diniyah, ukhuwah Islamiyah, dan ukhuwah wathaniyah. Perilaku sebagaimana yang dideskripsikan diatas, menandakan bahwa masyarakat muslim di Desa Pasak sudah mempraktikkan nilai-nilai pendidikan Islam yang mulia. Mereka terbiasa berkumpul bersama, bersilaturahmi, bermusyawarah, dan rajin bergotong royong membangun kampungnya. Tentu nilai-nilai mulia ini harus terus dipupuk dan dipelihara supaya tumbuh dan tercipta suasana yang aman dan nyaman, rukun serta damai. Sehingga masyarakat dapat terus hidup dalam kehidupan yang demokratis, religius meraih kesejahteraan dalam bingkai NKRI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Nilai en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Perilaku en_US
dc.subject Demokrasi en_US
dc.subject Islam en_US
dc.title NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BERDEMOKRASI: ANALISIS TENTANG PERILAKU PEMILIH MUSLIM DESA PASAK KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMILIHAN BUPATI KUBU RAYA 2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account