Abstract:
INAYATUL KHOIRIYAH, Internalisasi Nilai-nilai Islam Dalam Pembelajaran Tema Lingkunganku Pada Sentra Bermain Peran di TK Islamiyah Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Islam kepada anak usia dini di Sentra Bermain Peran Di TK Islamiyah Pontianak; (2) untuk mengetahui apa saja kendala yang di hadapi guru dalam melakukan internalisasi nilai-nilai Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk lokasi penelitian ini berada di TK Islamiyah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah melakukan observasi dan wawancara, beberapa dokumentasi, lembar wawancara dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa internalisasi nilai-nilai Islam di dalam pembelajaran sentra bermain peran TK Islamiyah Pontianak menggunakan metode pembiasaan, metode bermain, metode cerita, dan metode bernyanyi. Namun guru-guru juga mengalami beberapa kendala dalam melakukan internalisasi nilai-nilai Islam seperti peserta didik mudah tidak fokus dan masih suka bermain sendiri, suka tidak mendengarkan guru, serta tidak semua peserta didik mengikuti doa-doa harian dan surah pendek yang di lafaskan oleh guru.