Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengungkap : (1) mengetahui
evaluasi context (konteks) program beasiswa Dompet Ummat Kalimantan
Barat; 2) mengetahui evaluasi input (masukan) program beasiswa Dompet
Ummat Kalimantan Barat; 3) mengetahui evaluasi process (proses) program
beasiswa Dompet Ummat Kalimantan Barat; 4) mengetahui evaluasi
product (produk) program beasiswa Dompet Ummat Kalimantan Barat.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian
ini terdiri dari sumber primer dan sekunder, yaitu : 1) sumber primer adalah
wawancara bersama pihak-pihak terkait, observasi serta dokumentasi yang
mendukung kredibilitas data; 2) sumber sekunder adalah tambahan atau data
pendukung dalam menunjang data pokok. Didapatkan dari berbagai buku di
Perpustakaan, berbagai arsip, dan sumber lainnya yang signifkan terhadap
penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis data kualtitaf model,
Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti
menyimpulkan bahwa : 1) Evaluasi context (konteks) sudah baik, karena
kesusaian analisis kebutuhan dan latar belakang program beasiswa untuk
merumuskan tujuan program beasiswa tersebut. Kemudian, tujuan juga
sudah dirumuskan sesuai dengan visi dan misi lembaga. Walaupun, visi dan
misi program serta lembaga belum dipisahkan; 2) Evaluasi input (masukan)
sudah baik, karena unsur penyelenggara program beasiswa, instruktur,
sudah profesional dan menguasai pada bidangnya. Penggunaan media,
sarana dan prasarana, sudah optimal dan dapat mendukung pelaksanaan
jalannya program. Anggaran dana sudah dikelola dengan baik, serta aturan
dan prosedur yang dibuat mampu untuk dijalani oleh para penerima
beasiswa; 3) Evaluasi process (proses) sudah baik, karena pelaksanaan
program beasiswa sendiri sudah terjadwal, walaupun untuk jadwal
pembinaan belum terjadwal dengan rinci, penerima beasiswa mampu
mengikuti kegiatan program dengan baik dan aktif. Evaluasi yang dilakukan
rutin dan terus selama program dijalankan, dan evaluasi di akhir program; 4)
Evaluasi product (produk) sudah baik, karena para penerima beasiswa
merasa terbantu dengan adanya program beasiswa tersebut. Orangtua
penerima beasiswa juga ikut merasakan bebannya terkurang dengan adanya
beasiswa tersebut.