Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlibatan fungsi-fungsi
manajemen, sistem pemasaran dan penerapan manajemen strategi pada ID
Express dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Sumber data primer berupa pengamatan langsung serta
wawancara narasumber yaitu koordinator dan processing ID Express. Sedangkan
Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Yang kemudian data dianalisis dengan Teknik reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data pada akhirnya akan diuji
keabsahannya dengan Teknik triangulasi data dan member check.
Hasil penelitian ini menunjukan, bahwasanya ID Express ini telah
melakukan persaingan bisnis dengan seluruh indikator terkait: 1) Keterlibatan
fungsi-fungsi manajemen; 2) Sistem pemasaran; 3) Penerapan menejamen strategi
dengan melihat perkembangan zaman terutama untuk mencapai visi dan misi
perusahaan.