Abstract:
Kegiatan konsumsi tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, karena
kebutuhan manusia tidak terbatas dan harus dapat memenuhi setiap kebutuhannya.
Namun pada hakikatnya manusia selalu saja merasa kurang atau selalu merasa
tidak puas akan sesuatu yang sudah ada.
Tujuan penelitian ini adalah 1).Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui pengaruh gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku
konsumtif Ibu rumah tangga di Kabupaten Sintang Kelurahan Kapuas Kanan
Hilir. 2).Untuk mengetahui pengaruh aplikasi shopee berpengaruh signifikan
terhadap perilaku konsumtif Ibu rumah tangga di Kabupaten Sintang Kelurahan
Kapuas Kanan Hilir. 3).Untuk mengetahui pengaruh gaya hidup dan aplikasi
shopee secara bersama terhadap perilaku konsumtif Ibu rumah tangga di
Kabupaten Sintang Kapuas Kanan Hilir.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif .sampel dalam penelitian ini
adalah ibu rumah tangga di Kabupaten Sintang Kelurahan Kapuas Kanan Hilir
sebanyak 88 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan IBM
SPSS Statistic 23 yang kemudian dianalisis.
Penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial ada pengaruh yang
signifikan pada variabel gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Secara parsial
ada pengaruh yang signifikan pada variabel aplikasi shopee terhadap perilaku
konsumtif. Sehingga disimpulkan secara simultan dan signifikan terdapat
pengaruh gaya hidup dan aplikasi shopee terhadap perilaku konsumtif Ibu rumah
tangga. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1).Variabel gaya hidup (X1)
menunjukan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,012 atau lebih kecil dari nilai tingkat
signifikansi 0,05 (0,012<0,05) dan bernilai positif yaitu sebesar 0,201 atau 20,1%,
2).Variabel aplikasi Shopee (X2) menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,014 atau
lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi 0,05 (0,014<0,05) dan bernilai positif
yaitu sebesar 0,305 atau 30,5%, 3).Berdasarkan hasil uji simultan dengan nilai
signifikansi yaitu sebesar 0,002 atau lebih kecil dari nilai tingkat signifikansi yaitu
sebesar 0,05 (0,002<0,05).