Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang dan pemahaman
pedagang makanan tentang sertifikasi halal serta mengetahui penyebab pedagang
makanan belum mempunyai sertifikasi halal. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi. Sumber data
penelitian ini menggunakan sumber data primer
Penelitian ini menunjukan peluang yang dimiliki pedagang makanan yang
mempunyai sertifikasi halal cukup besar yaitu dapat kepercayaan penuh dari
konsumen, lebih mudah dalam memasarkan produk, produk yang memiliki
sertifikasi halal mempunyai nilai jual tersendiri. Hasil penelitian kepada pedagang
makanan yang belum memiliki sertifikasi halal menunujukan masih rendahnya
pemahaman pedagang makanan tentang sertifikasi halal, hal ini terlihat dari
pengetahuan pedagang makanan tentang sertifikasi halal. Hasil penelitian
selanjutnya faktor penyebab pedagang makanan belum mempunyai sertifikasi
halal yaitu pelaku pedagang makan lebih mementingkan rasa, adanya anggapan
biaya melakukan sertifikasi halal besar dan ribet, kurangnya informasi mengurus
sertifikasi halal.