Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) melihat bagaimanakah proses
penyesuaian diri siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah
(SUPM) Negeri Pontianak, (2) melihat bagaimana disiplin belajar siswa asrama
tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak, dan
(3) melihat hubungan antara penyesuaian dan disiplin belajar di siswa asrama
tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian.
Ex Post Factor Research dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional.
Penelitian ini berlokasi di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri
Pontianak, Jl. Pembangunan Nipah Kuning Pontianak. Populasi terdiri dari 168
murid dengan jumlah sampel 42 murid yang diambil berdasarkan teknik purposive
sampling. Data yang diperoleh berasal dari data primer berupa hasil pengamatan,
wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder berupa dokumentasi, dan arsip
tertulis yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data berupa kuesioner/angket dengan skala likert dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penyesuaian diri siswa
asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri Pontianak
mayoritas terkategori sedang dengan persentase 70,0 % atau dengan nilai
frekuensi 28, (2) dsiplin belajar siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum
Perikanan Menengah Negeri Pontianak mayoritas terkategori sedang dengan
persentase 67,5 % dengan nilai frekuensi 27, (3) terdapat hubungan positif, cukup
kuat dan signifikan antara penyesuaian diri dengan disiplin belajar siswa asrama
tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri Pontianak sehingga
menghasilkan nilai yang bermakna korelasi cukup kuat, artinya semakin tinggi
(semakin baik penyesuaian diri maka akan meningkatkan disiplin belajar siswa).