HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA ASRAMA TINGKAT II DI SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH (SUPM) NEGERI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Irfani, Amalia
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.author Ermawati, Putri
dc.date.accessioned 2023-04-03T04:07:28Z
dc.date.available 2023-04-03T04:07:28Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2641
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) melihat bagaimanakah proses penyesuaian diri siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak, (2) melihat bagaimana disiplin belajar siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak, dan (3) melihat hubungan antara penyesuaian dan disiplin belajar di siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian. Ex Post Factor Research dan menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Penelitian ini berlokasi di Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Pontianak, Jl. Pembangunan Nipah Kuning Pontianak. Populasi terdiri dari 168 murid dengan jumlah sampel 42 murid yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh berasal dari data primer berupa hasil pengamatan, wawancara, dan dokumentasi dan data sekunder berupa dokumentasi, dan arsip tertulis yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner/angket dengan skala likert dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penyesuaian diri siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri Pontianak mayoritas terkategori sedang dengan persentase 70,0 % atau dengan nilai frekuensi 28, (2) dsiplin belajar siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri Pontianak mayoritas terkategori sedang dengan persentase 67,5 % dengan nilai frekuensi 27, (3) terdapat hubungan positif, cukup kuat dan signifikan antara penyesuaian diri dengan disiplin belajar siswa asrama tingkat II di Sekolah Umum Perikanan Menengah Negeri Pontianak sehingga menghasilkan nilai yang bermakna korelasi cukup kuat, artinya semakin tinggi (semakin baik penyesuaian diri maka akan meningkatkan disiplin belajar siswa). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Penyesuaian Diri en_US
dc.subject Disiplin Belajar en_US
dc.subject Siswa Asrama en_US
dc.title HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA ASRAMA TINGKAT II DI SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH (SUPM) NEGERI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account