Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perkembangan kesadaran
diri melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah tahun
ajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan
orang lain melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah
tahun ajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan pengembangan perilaku prososial
melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kualitatif
dengan metode deskrptif. Deskriptif adalah data yang dikumpulkan berupa katakata, gambar, dan bukan angka-angka. Instrumen penelitian ini adalah penelitian
sendiri. Objek penelitiannya yaitu anak-anak di kelas sentra bermain peran TK
Islam Harapan Indah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Sikap Sosial Anak Usia
Dini Melalui Sentra Bermain Peran Oleh Guru Di TK Islam Harapan Indah Tahun
Ajaran 2021/2022: 1) Perkembangan sikap sosial anak merupakan salah satu
bagian dari perkembangan yang sangat penting. Perkembangan kesadaran diri
anak dapat memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi.
di kelas B pada saat bermain peran anak sudah mampu memperlihatkan kesadaran
dirinya dan terlihat 3 anak berkembang sesuai harapan dan 4 anak berkembang
sangat baik. 2) sikap sosial anak usia dini di TK Islam Harapan Indah cara yang
dilakukan guru adalah dengan memberikan pembiasaan kepada anak, guru
membimbing anak serta memotivasi anak untuk menjunjung sikap sosial dalam
sentra bermain peran. 3) Di kelas B dalam proses bermain peran, anak didik
terlihat sudah mampu bertanggung jawab atas perbuatan yang anak lakukan.