PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN OLEH GURU DI TK ISLAM HARAPAN INDAH TAHUN AJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author widiyanti, Tria
dc.date.accessioned 2023-03-30T01:10:43Z
dc.date.available 2023-03-30T01:10:43Z
dc.date.issued 2023-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2631
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perkembangan kesadaran diri melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah tahun ajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan rasa tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah tahun ajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan pengembangan perilaku prososial melalui sentra bermain peran 5-6 tahun di TK Islam Harapan Indah 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskrptif. Deskriptif adalah data yang dikumpulkan berupa katakata, gambar, dan bukan angka-angka. Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri. Objek penelitiannya yaitu anak-anak di kelas sentra bermain peran TK Islam Harapan Indah Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengembangan Sikap Sosial Anak Usia Dini Melalui Sentra Bermain Peran Oleh Guru Di TK Islam Harapan Indah Tahun Ajaran 2021/2022: 1) Perkembangan sikap sosial anak merupakan salah satu bagian dari perkembangan yang sangat penting. Perkembangan kesadaran diri anak dapat memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi. di kelas B pada saat bermain peran anak sudah mampu memperlihatkan kesadaran dirinya dan terlihat 3 anak berkembang sesuai harapan dan 4 anak berkembang sangat baik. 2) sikap sosial anak usia dini di TK Islam Harapan Indah cara yang dilakukan guru adalah dengan memberikan pembiasaan kepada anak, guru membimbing anak serta memotivasi anak untuk menjunjung sikap sosial dalam sentra bermain peran. 3) Di kelas B dalam proses bermain peran, anak didik terlihat sudah mampu bertanggung jawab atas perbuatan yang anak lakukan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Perkembangan Sikap Sosial en_US
dc.subject Sentra Bermain Peran en_US
dc.title PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI SENTRA BERMAIN PERAN OLEH GURU DI TK ISLAM HARAPAN INDAH TAHUN AJARAN 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account