dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar
peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri
10 Pontianak Utara; (2) menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika
yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 10
Pontianak Utara; (3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah
diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 10 Pontianak Utara; dan (4)
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT)
di kelas V SD Negeri 10 Pontianak Utara.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat
penelitian ini adalah di kelas VB SD Negeri 10 Pontianak Utara. Sumber data
pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VB yang berjumlah 27 orang.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, pengukuran
dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah
pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
pada penelitian ini adalah analisis instrumen dan deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata hasil
belajar matematika sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams
Games Tournament (TGT) adalah 59,1 dan 18,52% peserta didik memperoleh
nilai kategori sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tahapan
mengkondisikan peserta didik siap mengikuti pelajaran kemudian tahap
melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
(TGT). Pada siklus II dilakukan perbaikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan
yang terjadi pada siklus I; (3) rata-rata hasil belajar matematika setelah diterapkan
model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah 89,8
dan 81,48% peserta didik memperoleh nilai kategori sangat baik; dan (4) hasil
belajar matematika pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 40,74% dan
pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 62,96%. Dengan demikian,
penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. |
en_US |