PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 10 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Rustanuarsi, Ressy
dc.contributor.author Ramadani, Fadila
dc.date.accessioned 2023-03-29T03:26:44Z
dc.date.available 2023-03-29T03:26:44Z
dc.date.issued 2022-11-08
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2624
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 10 Pontianak Utara; (2) menjelaskan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 10 Pontianak Utara; (3) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 10 Pontianak Utara; dan (4) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas V SD Negeri 10 Pontianak Utara. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tempat penelitian ini adalah di kelas VB SD Negeri 10 Pontianak Utara. Sumber data pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VB yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, pengukuran dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis instrumen dan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar matematika sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah 59,1 dan 18,52% peserta didik memperoleh nilai kategori sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tahapan mengkondisikan peserta didik siap mengikuti pelajaran kemudian tahap melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Pada siklus II dilakukan perbaikan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terjadi pada siklus I; (3) rata-rata hasil belajar matematika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) adalah 89,8 dan 81,48% peserta didik memperoleh nilai kategori sangat baik; dan (4) hasil belajar matematika pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 40,74% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 62,96%. Dengan demikian, penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.subject matematika en_US
dc.subject pembelajaran kooperatif en_US
dc.subject teams games tournament en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SD NEGERI 10 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account