Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Coorporate Social
Responbility (CSR) dalam membangung branding di Bank KALBAR Syariah Cabang
Pontianak dan mengetahui indikator keberhasilan branding Bank KALBAR Syariah
Cabang Pontianak dalam program Coorporate Social Responbility (CSR).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah pihak Bank Kalbar dan
pelaku usaha yang mendapatkan bantuan dana CSR. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Teknik analisis data
menggunakan metode analisis Miles Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan
data menggunakan triangulasi dan membercheck.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Coorporate Social
Responbility berhasil dalam membangun branding Bank Kalbar Syariah Cabang
Pontianak khususnya di kalangan pelaku usaha mikro. Secara umum masyarakat
beranggapan bahwa Bank Kalbar memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap
masyarakat, khususnya bagi para pelaku usaha mikro. Adapun indikator
keberhasilan branding Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak melalui program
Coorporate Social Responbility adalah berkembangnya usaha mikro.