Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing dalam
mendapatkan nasabah. Juga bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui bagaimana
pemasaran produkdalam mendapatkan nasabah di Bank Muamalat
Pontianak.2.Untuk mengetahui bagaimana pemasaran hargadalam mendapatkan
nasabah di Bank Muamalat Pontianak. 3. Untuk mengetahui bagaimana
pemasaran tempatdalam mendapatkan nasabah di Bank Muamalat Pontianak. 4.
Untuk mengetahui bagaimana pemasaran promosidalam mendapatkan nasabah di
Bank Muamalat Pontianak.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data
primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi
dan wawancara. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data
dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan
keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan member chek.
Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwaBank Muamalat Pontianak
memiliki strategi pemasaran dalam mempromosikan produkdengan cara 4P yaitu:
1. Produk yaitu dalam hal ini Bank Muamalat memasarkan produk supaya dapat
diterima oleh masyarakat. 2. Harga yaitu kekuatan permintaan dan penawaran.
Hal ini sangat penting karena harga dapat menentukan laku tidaknya produk jasa
yang ditawarkan pasar. 3. Tempat yaitu lokasi Bank yang strategis ditunjukkan
agar nasabah mudah menjangkau lokasi Bank. 4. Promosi yaitu upaya yang
dilakukan Bank untuk mensosialisasikan produknya.