Abstract:
Kepuasan pelanggan didefinisikan sebagai hasil teori yang selalu
dievaluasi. Beberapa perbandingan standar yang dilakukan yaitu antara kenyataan
yang ada dengan hasil yang dicapai. Pelanggan akan terpuaskan jika pencapaian
yang ditujukan melebihi harapan. Industri perbankan menyediakan fasilitas Mobil
banking yang mempunyai fungsi yang sama seperti ATM kecuali, mengambil
uang tunai dan dapat mengakses produk dan jasa perbankan kapanpun dan
dimanapun melalui smartphone, layanan mobile banking diharapkan semakin maju
dan semakin baik agar para nasabah puas dengan layanan mobile banking, namun
pada kenyataanya presentasi transaksi nasabah yang lebih banyak datang kebank
dan nasabah yang tidak mampu menggunakan perangka teknologi dan lebih
percaya transaksi langsung di bank ketimbang bertansaksi diaplikasi mobile
banking.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efekivias mobile banking
dalam meningkatkan kepuasan nasabah.
Jenis penenlitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, teknik
sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling rendom
sampling, dengan 89 responden sebagai sampel penelitian. Teknik analisi data
meliputi: uji instrumen terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi
linear sederhana serta uji hipotegsis yang terdiri dari uji F, uji koefisien determinan
dan uji t.
Hasil dari penelitian ini adalah pada hasil uji t yang memperoleh nilai
sig pada variabel mobile banking sebesar 0,051 > 0,05, Pada data nilai R square
sebesar 0,043. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas mobile banking terhadap
kepuasan nasabah sebesar 0,043 = 4,3% dan sisanya 95,7% disebabkan oleh faktor
lain.