Abstract:
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan digital
Bank Syariah terhadap kepuasan nasabah yaitu pelaku usaha UMKM baik secara
parsial, maupun secara simultan yang dilihat menggunakan dimensi E-Servqual
yaitu efficiency, reliability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation,
contact. Namun, pada dimensi compensation tidak dapat digunakan karena belum
ada pelaksanaannya pada perbankan di Indonesia.
Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang
didapat langsung dari jawaban 100 responden yang merupakan nasabah Bank
Syariah yang menggunakan fasilital layanan Elektronik Bank seperti ATM, SMS
Banking, dan Mobile Banking. Metode analisis yang digunakan adalah metode
analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel privacy memiliki
pengaruh terhadap kepuasan nasabah dari nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel
1,661. Variabel yang mendominasi terhadap pengaruh kepuasan nasabah adalah
variabel privacy. Adapun variabel efficiency, reliability, fulfillment, responsiveness,
compensation, contact tidak memiliki pengaruh karna Thitung lebih kecil dari Ttabel.
Sedangkan pada hasil uji simultan, keenam variabel secara bersama-sama memiliki
pengaruh yang signikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung sebesar 27,524.
Pada uji koefisien determinasi (R²), variasi variabel independen yang digunakan
dalam model mampu menjelaskan sebesar 13,6% variasi variabel dependen.
Sedangkan sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.