PENGARUH DIGITALISASI JASA LAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELAKU USAHA UMKM DI KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Verdianti, Verdianti
dc.contributor.advisor Kurniati, Pratiwi
dc.contributor.author Gussiyarno, Andri
dc.date.accessioned 2023-03-28T01:39:40Z
dc.date.available 2023-03-28T01:39:40Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2605
dc.description.abstract Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan digital Bank Syariah terhadap kepuasan nasabah yaitu pelaku usaha UMKM baik secara parsial, maupun secara simultan yang dilihat menggunakan dimensi E-Servqual yaitu efficiency, reliability, fulfillment, privacy, responsiveness, compensation, contact. Namun, pada dimensi compensation tidak dapat digunakan karena belum ada pelaksanaannya pada perbankan di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang didapat langsung dari jawaban 100 responden yang merupakan nasabah Bank Syariah yang menggunakan fasilital layanan Elektronik Bank seperti ATM, SMS Banking, dan Mobile Banking. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel privacy memiliki pengaruh terhadap kepuasan nasabah dari nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel 1,661. Variabel yang mendominasi terhadap pengaruh kepuasan nasabah adalah variabel privacy. Adapun variabel efficiency, reliability, fulfillment, responsiveness, compensation, contact tidak memiliki pengaruh karna Thitung lebih kecil dari Ttabel. Sedangkan pada hasil uji simultan, keenam variabel secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung sebesar 27,524. Pada uji koefisien determinasi (R²), variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 13,6% variasi variabel dependen. Sedangkan sisanya sebesar 86,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kualitas Layanan Digital Banking en_US
dc.subject Kepuasan Pelaku UMKM en_US
dc.title PENGARUH DIGITALISASI JASA LAYANAN BANK SYARIAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELAKU USAHA UMKM DI KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account