Abstract:
Penelitian ini ditujukan untuk
mendeskripsikan mekanisme promosi produk PT. Sinarmas Syariah Pontianak.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif guna menggunakan keadaan objek penelitian
dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses advertising, produk
tabungan dipromosikan dan diperkenalkan ke publik dengan mengerahkan
pemberdayaan media seperti televisi, media cetak, serta sosial media, serta
melakukan percetakan periklanan atau pengenalan produk dalam bentuk buku dan
brosur, dalam proses penjualan perseorangan (personal selling) dilakukan melalui via
email, telfon, maupun face to face yang dikomunikasikan oleh customer service baik
melalui via email, telfon maupun face to face, dalam proses promosi penjualan (sales
promotion) PT. Sinar Mas Syariah Pontianak Cabang Gajah Mada memberikan
pemberian diskon, bonus, maupun kupon untuk mempromosikan produk tabungan,
dalam proses hubungan masyarakat (public relation and publicity) PT. Sinar Mas
Syariah Pontianak mengadakan beberapa program promosi yang ditawarkan yang
berkaitan dengan hal tersebut yang diistilahkan oleh responden dengan adanya agent
banking atau pihak ketiga untuk memperluas akses informasi berkaitan dengan
produk tabungan diberagam kalangan, dan dalam proses pemasaran langsung (direct
marketing) untuk mempromosikan produk biasanya dilakukan dengan dalam jadwal
operasional di office secara langsung ini dikomunikasikan oleh customer service
sehingga selain memberikan pelayanan dalam menjawab keluhan dari nasabah, juga
berperan dalam menyajikan informasi terkait promosi produk tabungan kepada
nasabah.