Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1) Apa jenis humor yang
digunakan guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam kelas XI di SMKN 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2022-
2023? 2) Kapan guru menggunakan humor dalam proses pembelajaran pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMKN 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu
Raya tahun ajaran 2022-2023? 3) Bagaimana dampak humor terhadap aktivitas dalam
proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMKN 2
Sungai Kakap kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2022-2023?
Untuk menggali dan mengetahui tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis
penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang
dilakukan adalah teknik wawancara mendalam (in-depth interview), teknik observasi
dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan tiga
tahapan yaitu, tahap awal, tahap horizonalization dan tahap cluster of meaning.
Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
trianggulasi dan member check.
Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan peneliti menemukan bahwa: 1) Guru
menggunakan unplanned humor pada proses pembelajaran. 2) Guru menggunakan
humor pada saat awal pembelajaran, jeda strategis dan penutup pembelajaran. 3)
Humor yang digunakan oleh guru dalam pelajaran memiliki dampak positif yaitu dapat
membuat siswa lebih aktif saat proses pembelajaran sehingga lebih membantu siswa
dalam memahami pembelajaran serta membuat siswa lebih akbar dengan guru. Namun
humor yang digunakan guru dalam pembelajaran juga memiliki dampak negatif yaitu
membuat kelas menjadi sedikit ribut karena sahutan-sahutan dari celetukan humor
antara siswa dan guru.