HUMOR GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 M

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Anjani, Meri
dc.date.accessioned 2023-03-21T03:00:46Z
dc.date.available 2023-03-21T03:00:46Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2572
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: 1) Apa jenis humor yang digunakan guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMKN 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2022- 2023? 2) Kapan guru menggunakan humor dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMKN 2 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2022-2023? 3) Bagaimana dampak humor terhadap aktivitas dalam proses pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMKN 2 Sungai Kakap kabupaten Kubu Raya tahun ajaran 2022-2023? Untuk menggali dan mengetahui tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik wawancara mendalam (in-depth interview), teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu, tahap awal, tahap horizonalization dan tahap cluster of meaning. Kemudian teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah trianggulasi dan member check. Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan peneliti menemukan bahwa: 1) Guru menggunakan unplanned humor pada proses pembelajaran. 2) Guru menggunakan humor pada saat awal pembelajaran, jeda strategis dan penutup pembelajaran. 3) Humor yang digunakan oleh guru dalam pelajaran memiliki dampak positif yaitu dapat membuat siswa lebih aktif saat proses pembelajaran sehingga lebih membantu siswa dalam memahami pembelajaran serta membuat siswa lebih akbar dengan guru. Namun humor yang digunakan guru dalam pembelajaran juga memiliki dampak negatif yaitu membuat kelas menjadi sedikit ribut karena sahutan-sahutan dari celetukan humor antara siswa dan guru. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Humor en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Dampak Humor en_US
dc.title HUMOR GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 2 SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN AJARAN 2022/2023 M en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account