Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan antara teori dan praktek yang ada, yaitu
kesulitan siswa dalam memahami/mempelajari isi kandungan surah-surah pendek pada mata
pelajaran Al-Quran Hadits. Hal tersebut terlihat dari hasil evaluasi proses yang dilakukan oleh
guru, dimana masih banyak siswa yang belum faham dengan makna yang terkandung dalam
surah-surah pendek yang diajarkan oleh guru tersebut. Kurangnya pemahaman siswa terhadap isi
kandungan surah-surah pendek pada mata pelajaran Al-Quran Hadits, dikarenakan guru yang
bersangkutan menggunakan metode yang sudah lazim seperti halnya metode ceramah dan tanya
jawab saja. Untuk mengubah pola pembelajaran tersebut maka peneliti ingin mencoba
menerapkan variasi strategi role play dengan empty out lines kepada siswa. Penggunaan variasi
ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa pada surah-surah pendek bisa menjadi
lebih baik.
Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan
kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII di MTS Bustanul Ulum Lintang Batang. Pengumpulan data peneliti dan
menggunakan observasi (partisipan), sedangkan komponen-komponen analisis data
menggunakan teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil tindakan yang
dilaksanakan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan melalui Peningkatan pemahaman siswa dalam
mempelajari isi kandungan surah-surah pendek setelah menggunakan variasi strategi role-play
dengan empty out lines pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di kelas VII MTs Bustanul Ulum
Lintang Batang, hal ini terlihat dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal yaitu pada
siklus I sebesar 68.57%, dan pada siklus II sebesar 88.57%. Jadi peningkatan pemahaman siswa
pada pra siklus ke siklus 1 adalah 7,92% dan siklus 1 ke siklus 2 adalah 10%.