Abstract:
Manajemen yang baik adalah manajemen yang menerapkan fungsi manajemen itu
sendiri yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Begitu juga
dalam dunia pendidikan, untuk dapat mewujudkan pendidikan yang bermutu maka perlu
disusun dan dilaksanakan program-proram dalam pendidikan yang mampu
membelajarkan peserta didik secara berkelanjutan dengan kualitas pendidikan yang
optimal di harapkan dapat mencapai keunggulan sumber daya manusia yang bisa
menguasai pengetahuan dan keterampilan. MTs TI Al-Madani Pontianak memiliki
program unggulan yaitu program Tahfidz Al-Qur`an, program ini menargetkan hafalan
yaitu sebanyak 3 juz selama bersekolah di MTs TI Al-Madani Pontianak. Banyak
diantara peserta didik yang dapat memenuhi target yang telah di tetapkan, akan tetapi
peserta didik tidak mengingat kembali hafalan yang telah disetor.
Sehingga dalam Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan? 1)
bagaimana perencanaan program Tahfidz al-qur`an di MTs TI Al-Madani Pontianak? 2)
bagaimana pengorganisasian program Tahfidz al-qur`an di MTs TI Al-Madani
Pontianak? 3) bagaimana pelaksanaan program Tahfidz al-qur`an di MTs TI Al-Madani
Pontianak ? 4)bagaimana pengawasan program Tahfidz al-qur`an di MTs TI Al-Madani
Pontianak ?
Untuk menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan jenis penelitian
Deskriptif Kualitatif dan dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. dari jumlah populasi sebanyak 295 peserta
didik dan 25 guru, diperoleh 15 narasumber.
Berdasarkan data yang telah dikumpulkan peneliti, disimpulkan bahwa: 1.
Perencanaan program Tahfidz A-Qur`an di MTs TI Al-Madani Pontianak terdiri dari
penetapan tujuan, spesifikasi guru, pembiayaan guru, sarpras dan alokasi waktu. 2)
pengorganisasian program Tahfidz Al-Qur`an terdiri dari pembagian tugas dan
wewenang oleh kepala sekolah terhadap guru Tahfidz. 3) pelaksanaan program Tahfidz
Al-Qur`an yang terdiri dari proses pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur`an yang sudah
menjalankan perencanaan dengan maksimal 4) pengawasan program tahfidz Al-Qur`an
yang terdiri dari pengawasan guru, pengawasan peserta didik dan penilaian peserta
didik program Tahfidz Al-Qur`an