Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Moh Haitami
Salim, yaitu guru besar pertama dalam sejarah IAIN Pontianak dan dia
merupakan tokoh pemerhati pendidikan yang ada di Kalimantan Barat. Fokus
penelitian ini yaitu mendeskripsikan Pemikiran Moh Haitami Salim Dalam
Buku Pendidikan Agama Dalam Keluarga.
Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research),
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dihimpun
merupakan data kepustakaan yang relevan dengan objek studi. Sumber data
terbagi menjadi dua yaitu sumber primer yang meliputi karya-karya yang
ditulis langsung oleh Haitami Salim dan sumber data sekunder yaitu karya
tentang Haitami Salim yang ditulis oleh pemerhatinya. Dalam menganalisis
data, peneliti menggunakan dua teknik analisis hermenutika dan analisis isi
(Content Analysis). Untuk mendapatkan kesimpulan, peneliti menarik
kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan. Dalam hal ini
peneliti sebagai pelaksana dalam pengumpul data dan juga menjadi pelapor
hasil penelitian itu sendiri.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep Pendidikan Agama Dalam Keluarga
menurut Prof. Dr. H. Moh Haitami Salim bahwa keluarga sebagai pusat
pendidikan, yang berarti menuntut adanya berbagai pendidikan baik
pendidikan individual maupun pendidikan sosial bagi anak harus ada di
lingkungan keluarga. (2) Gagasan Pendidikan Agama Dalam Keluarga
dianggap penting oleh Prof. Dr. H. Moh. Haitami Salim, keluarga menjadi titik
utama dan memiliki posisi yang paling penting dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan khususnya pendidikan Islam, orang tua menjadi sarana yang utama
dan pertama dalam proses pendidikan dalam keluarga kepada setiap anggota
keluarganya (3) Unsur-unsur Pendidikan Agama Dalam Keluarga menurut
Prof. Dr. H. Moh Haitami Salim, secara garis besar pemikiran pendidikan
agama dari Moh. Haitami Salim mengenai unsur-unsur pendidikan agama
diantaranya adalah pendidik, peserta didik, tujuan yang ingin di capai, materi
pendidikan agama dan metode pendidikan agama. (4) Relevansi Pendidikan
Agama Dalam Keluarga menurut Prof. Dr. H. Moh. Haitami Salim tersebut
dalam konteks sekarang pemikiran pendidikan keluarga menurut Moh
Haitami Salim sangat relevan dengan Pendidikan Islam di keluarga.