TELAAH PEMIKIRAN MOH HAITAMI SALIM DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.author Hamdani, Hamdani
dc.date.accessioned 2023-03-20T02:51:56Z
dc.date.available 2023-03-20T02:51:56Z
dc.date.issued 2023-01-11
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2560
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Moh Haitami Salim, yaitu guru besar pertama dalam sejarah IAIN Pontianak dan dia merupakan tokoh pemerhati pendidikan yang ada di Kalimantan Barat. Fokus penelitian ini yaitu mendeskripsikan Pemikiran Moh Haitami Salim Dalam Buku Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang dihimpun merupakan data kepustakaan yang relevan dengan objek studi. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu sumber primer yang meliputi karya-karya yang ditulis langsung oleh Haitami Salim dan sumber data sekunder yaitu karya tentang Haitami Salim yang ditulis oleh pemerhatinya. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan dua teknik analisis hermenutika dan analisis isi (Content Analysis). Untuk mendapatkan kesimpulan, peneliti menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan. Dalam hal ini peneliti sebagai pelaksana dalam pengumpul data dan juga menjadi pelapor hasil penelitian itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah: (1) Konsep Pendidikan Agama Dalam Keluarga menurut Prof. Dr. H. Moh Haitami Salim bahwa keluarga sebagai pusat pendidikan, yang berarti menuntut adanya berbagai pendidikan baik pendidikan individual maupun pendidikan sosial bagi anak harus ada di lingkungan keluarga. (2) Gagasan Pendidikan Agama Dalam Keluarga dianggap penting oleh Prof. Dr. H. Moh. Haitami Salim, keluarga menjadi titik utama dan memiliki posisi yang paling penting dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan khususnya pendidikan Islam, orang tua menjadi sarana yang utama dan pertama dalam proses pendidikan dalam keluarga kepada setiap anggota keluarganya (3) Unsur-unsur Pendidikan Agama Dalam Keluarga menurut Prof. Dr. H. Moh Haitami Salim, secara garis besar pemikiran pendidikan agama dari Moh. Haitami Salim mengenai unsur-unsur pendidikan agama diantaranya adalah pendidik, peserta didik, tujuan yang ingin di capai, materi pendidikan agama dan metode pendidikan agama. (4) Relevansi Pendidikan Agama Dalam Keluarga menurut Prof. Dr. H. Moh. Haitami Salim tersebut dalam konteks sekarang pemikiran pendidikan keluarga menurut Moh Haitami Salim sangat relevan dengan Pendidikan Islam di keluarga. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemikiran Prof. Dr. H. Moh Haitami Salim en_US
dc.subject Pendidikan Agama en_US
dc.subject Keluarga en_US
dc.title TELAAH PEMIKIRAN MOH HAITAMI SALIM DALAM BUKU PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account