Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh madrasah Aliyah Negeri 1 Kubu Raya
yang merupakan satu-satunya madrasah negeri yang ada di Kubu Raya sehingga
terdapat perbedaan antara sekolah umum dan sekolah madrasah salah satunya
adalah kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh madrasah, sehingga peneliti
tertarik untuk menetiti tentang manajemen kegiatan keagamaan. Tujuan
diadakannya penelitian ini yakni: 1) Mengetahui bagaimana perencanaan kegiatan
keagamaan: 2) Mengetahui pelaksanaan kegiatan keagamaan: 3) Mengetahui
evaluasi kegiatan keagamaan: 4) Mengetahui Faktor penghambat serta solusi
kegiatan keagamaan peserta didik Madrasah Aliyah Negeri 1 Kubu Raya.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif dan teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta
menggunakan analisis data model interaktif dengan pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya agar
penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian maka dilakukanlah triangulasi dan
member check.
Hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: pelaksanaan
manajemen kegiatan keagamaan yang ada di Madrasah Aliyah negeri 1 kubu raya
sudah berjalan dengan prosedur manajemen 1) Perencanaan kegiatan keagamaan
diawali dengan rapat program kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan setiap awal
tahun sekali, dalam perencanaan menetapkan tujuan, program, regulasi atau
pedoman, prosedur, budget, waktu serta penetapan penanggung jawab. 2)
Pelaksanaan kegiatan keagamaan disesuaikan dengan jadwal yag telah ditetapkan
yakni kegiatan harian, mingguan dan tahunan. 3) Pelaksanaan evaluasi kegiatan
keagamaan dilaksanakan rapat diakhir semester dan setelah kegiatan selesai
dilaksanakan, kegiatan yang dilaksanakan sudah sesuai dengan perencanaan awal
dan beberapa kegiatan belum dilaksanakan namun akan dilaksanakan setelah
pemulihan pandemi covid-19. 4) faktor penghambat yakni kurangnya
kedisiplinan, kurangnya fasilitas, cuaca dan waktu yang tidak bisa diprediksi.
Solusi yang diharapkan yakni meningkatkan kedisiplinan, menjalin kerjasama
yang baik, dan melengkapi fasilitas.