Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama
Islam, kegiatan keagamaan yang dilaksanakan,proses pelaksanaan kegiatan
keagamaan dan faktor yang menyebabkan buta aksara Al-Qur’an pada peserta didik
di SMPN 5 Pemangkat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang
ada dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Sumber data primer
yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan guru bahasa Indonesia di
SMPN 5 Pemangkat. Sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen-dokumen
yang berkaitan dengan SMPN 5 Pemangkat, jurnal dan buku. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan
bahwa peran guru pendidikan agama Islam di SMPN 5 Pemangkat dalam mengatasi
buta aksara Al-Qur’an pada peserta didik sudah baik dan dalam proses
pelaksanaannya juga berjalan lancar. Adapun peran yang dimainkan oleh guru
pendidikan agama Islam yaitu sebagai pemimpin, organisator, motivator,
pembimbing, inisiator, evaluator serta menjadi orang tua kedua bagi peserta didik.