Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh harga terhadap
keputusan pembelian di Marketplace Shopee pada generasi z Pontianak utara
secara parsial 2) Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace
shopee di marketplace shopee pada generasi z pontianak utara secara parsial. 3)
Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di marketplace
shopee pada generasi z pontianak utara secara simultan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi z Pontianak utara yang
telah menggunakan marketplace shopee. Teknik menentukan sample dalam
penelitian ini dengan metode purposive sampling dan accidant samping dengan
kriteria sebagai berikut: generasi z berumur 17 tahun keatas, telah bertransaksi di
shopee lebih dari 10 kali dan berdomosili di pontianak utara, dengan jumlah 40
responden yang memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner
(angket) di olah menggunakan SPSS 25 for windows. Teknik analisis data
menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial (individu): 1) harga
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai signifikansi
0.002 < 0.05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel 3.400 > 2.028. 2) Promosi
berpengaruh terhadap keputusan pembelia, di buktikan dengan nilai signifikansi
0.000 < 0.05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel 3.863 > 2.028. 3) Secara
simultan (bersama-sama) harga dan promosi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai thitung lebih besar dari
ttabel 15.983 > 3.245.