Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena dimana pada saat ini
pertumbuhan dan persaingan sangatlah pesat, dan menyebabkan persaingan ritel
yang tinggi sehingga semua perusahaan berlomba-lomba untuk mempengaruhi
konsumennya agar tetap berlangganan pada tokonya. Banyak perusahaanperusahaan ritel yang mengembangkan perusahaannya. Salah satunya adalah gerai
ritel alfamart yang menawarkan beberapa keunggulan dari masing-masing produk
dan pelayanannya. Seperti dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, harga
yang relatif sama dengan harga toko ritel yang lainnya. Dengan beberapa
keunggulan tersebut geria ritel alfamart dapat mempertahankan daya beli konsumen
terhadap gerai ritel alfamart.
Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian dalam penelitian ini
adalah menggunakan pendekatan kuantitaif. Pendekatan kuantitaif ini lebih
menekankan pada aspek pengukuran obyektif. Sampel yang digunakan penelitian
ini di dapatkan dari hasil penyebaran kuisioner yaitu sebanyak 90 responden.
Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda
dan uji hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari hasil penelitian ini adala
semua data yang di uji berdistribusi secara normal. Variabel kualitas pelayanan
(X1) berpengaruh terhadap daya beli konsumen (Y). Variabel harga (X2)
berpegaruh terhadap daya beli konsumen (Y). Secara simultan kualitan pelayanan
dan harga (X3) berpengaruh terhadap daya beli konsumen (Y).