Abstract:
Perkembangan bisnis ini terjadi dengan sangat pesat. Hal ini
menuntut pelaku usaha untuk mengembangkan strategi. Salah satu cara
strategi untuk mengembangkan bisnis adalah dengan melakukan promosi
untuk meningkatkan jumlah konsumen. Promosi yang dilakukan PT. Putra
Kalma Raya Desa Kapur belum berinovasi sehingga kalah saing dengan
peusahaan yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
efektivitas promosi dan bagaimana perkembangannya. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah NVivo word could, data reduksi, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Strategi promosi yang dilakukan
PT. Putra Kalma Raya Desa Kapur dalam meningkatkan jumlah konsumen.
Yaitu dengan menggunakan media social online dan offline. Media online
yang digunakan seperti facebook, Instagram, twiter, google, whatsaap dan
link. Cara offline yang digunakan melalui: brousur, banner, mulut ke mulut
dan dalam menentukan strategi promosi pihak manajemen PT. Putra Kalma
Raya melihat situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan. 2) Factual pasar
pada PT. Putra Kalma Raya Desa Kapur dalam meningkatkan jumlah
konsumen ialah dengan memfokuskan pada konsumen ASN dan karyawan
swasta, pesaing pangsa pasar di lihat dari developer lain yang membangun
di sekitar perumahan dan developer yang membangun dengan tipe yang
sama dan strategi marketing yang sama. 3) Imfac dari faktor pemasaran
pada PT.Putra Kalma Raya Desa Kapur yaitu faktor eksternal dan internal.
Dari eksternal ialah kompetisi daya saing antara perusahaan, prospek
mengenai rancangan, perkembangan media social di perusahaan, data yang
menjadi target perusahaan, jumlah perumahan yang berada di sekitar
perusahaan, jumlah perumahan di lokasi yang akan dibangun oleh
perusahaan, kondisi ekonomi perusahaan di masa pandemic dampak dari
pemasaran perusahaan, untuk internal yaitu tujuan, peranan utama staf
perusahaan di dalam pemasaran adalah yang menjadi jembatan perusahaan
ke perusahaan eksternal.