Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Penerapan strategi
generic terhadap strategi UMKM dalam mempertahankan usahaya dimasa
pandemi covid-19 pada usaha keripik Makros Jaya Abadi di Kota Pontianak. 2.
Penerapan strategi utama terhadap strategi UMKM dalam mempertahankan
Usahanya dimasa pandemi covid-19 pada usaha keripik Makros Jaya Abadi di
Kota Pontianak. 3. Penerapan strategi fungsional terhadap strategi UMKM dalam
mempertahankan usahanya dimasa pandemi covid-19 pada usaha keripik Makros
Jaya abadi di Kota Pontianak.
Sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan, pemilik usaha keripik makros
serta manajernya sedangkan data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Dan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan
Triangulasi dan Member Chek.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan 1. strategi generic yang
dilakukan kripik Makros Jaya Abadi sudah dijalankan dengan baik . Yaitu dengan
cara melakukan perluasan produk perusahaan lebih menekankan dengan
pembukaan cabang selain di Kota Pontianak. 2. Strategi utama yang dilakukan
kripik Makros juga sudah dijalankan dengan benar. Bahwa dalam peningkatan
pangsa pasar pada masa pandemi, perusahaan memanfaatkan momentum hari-hari
besar seperti hari raya idul fitri ataupun hari raya idul adha. 3. Strategi fungsional
yang dilakukan kripik makros bahwa dalam melakukan strategi pemasaran
menghadapi pesaing yang menjual produk yang serupa perusahaan menjadikan
pesaing sebagai mitra dan target dalam pemasaran ini ialah pengunjung rumah
makan maupun kafe-kafe.