Abstract:
Perkembangan internet yang meningkat akan mengakibatkan terjadinya
perubahan yang mempengaruhi kehidupan mahasiswa. Salah satu perubahan itu
adalah tempat berbelanja mahasiswa. Mereka tidak lagi hanya berbelanja di toko
konvensional namun juga di toko online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh dari produk, harga, promosi, kemudahan akses dan manajemen keuangan
terhadap keputusan belanja online pada mahasiswa FEBI IAIN Pontianak angkatan
2018–2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripstif dengan
pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji
asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), uji hipotesis
(uji koefisien determinasi, uji simultan), uji parsial T, dan analisis liner berganda
dengan bantuan alat analisis menggunakan SPSS versi 23 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial : 1) Produk
berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN
Pontianak dengan arah yang positif dimana signifikansi 0, 009 < 0,05 sehingga H01
ditolak dan Ha1 diterima. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan
belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana
signifikansi 0,005 < dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan Ho2 ditolak dan Ha2
diterima. 3) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja
online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana
signifikansi 0,453 > dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H03 diterima
dan Ha3 ditolak. 4) Kemudahan akses berpengaruh signifikan terhadap keputusan
belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana
signifikansi 0,000 < dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H04 ditolak dan
Ha4 diterima. 5) Manajemen keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang
positif dimana nilai sig 0,984 > dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H05
diterima dan Ha5 ditolak. Kemudian 6) secara simultan produk, harga, promosi,
kemudahan akses dan manajemen keuangan berpengaruh signifkan terhadap
keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dimana signifikansi
0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.