ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DOMINAN KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FEBI IAIN PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fachrurazi, Fachrurazi
dc.contributor.advisor Helvira, Reni
dc.contributor.author Agustina, Mia
dc.date.accessioned 2023-03-16T01:57:14Z
dc.date.available 2023-03-16T01:57:14Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2542
dc.description.abstract Perkembangan internet yang meningkat akan mengakibatkan terjadinya perubahan yang mempengaruhi kehidupan mahasiswa. Salah satu perubahan itu adalah tempat berbelanja mahasiswa. Mereka tidak lagi hanya berbelanja di toko konvensional namun juga di toko online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari produk, harga, promosi, kemudahan akses dan manajemen keuangan terhadap keputusan belanja online pada mahasiswa FEBI IAIN Pontianak angkatan 2018–2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi), uji hipotesis (uji koefisien determinasi, uji simultan), uji parsial T, dan analisis liner berganda dengan bantuan alat analisis menggunakan SPSS versi 23 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial : 1) Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana signifikansi 0, 009 < 0,05 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana signifikansi 0,005 < dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. 3) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana signifikansi 0,453 > dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H03 diterima dan Ha3 ditolak. 4) Kemudahan akses berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana signifikansi 0,000 < dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H04 ditolak dan Ha4 diterima. 5) Manajemen keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dengan arah yang positif dimana nilai sig 0,984 > dari 0,05 maka hipotesis ini menyatakan bahwa H05 diterima dan Ha5 ditolak. Kemudian 6) secara simultan produk, harga, promosi, kemudahan akses dan manajemen keuangan berpengaruh signifkan terhadap keputusan belanja online mahasiswa FEBI IAIN Pontianak dimana signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Produk en_US
dc.subject Harga en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Kemudahan Akses en_US
dc.subject Manajemen Keuangan en_US
dc.subject Keputusan Belanja Online en_US
dc.title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DOMINAN KEPUTUSAN BELANJA ONLINE MAHASISWA FEBI IAIN PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account