Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi antar personal
guru dalam kegiatan belajar mengajar kepada siswa dan siswi sehingga
didapatkannya pola dan hambatan dalam komunikasi yang terjadi dalam
kegiatan belajar mengajar antara guru dan Siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak kelas X di MAS Ushuluddin Singkawang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif. Data yang diperoleh dari informan seperti guru yang mengajar
pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas X MAS Ushuluddin
Singkawang dan siswa di kelas X MAS Ushuluddin Singkawang. Teknik
yang digunakaan untuk mengumpulakan data adalah Teknik Wawancara,
Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pola Komunikasi Antar Personal
yang lebih efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran ialah komunikasi
dua arah. Karena selain sebagai pendengar, siswa juga dapat aktif bertanya
dan memberikan pendapatnya sehingga siswa saat menerima pelajaran tidak
pasif. Selain itu, hambatan komunikasi tentunya juga menjadi hal yang
mengganggu siswa dalam memahami dan menerima materi ajar. Hambatan
tersebut bisa berasal dari eksternal maupun internal. Maka dari itu perlu
adanya cara atau respon dari guru dalam menyikapi hal tersebut.