Abstract:
Penelitian ini dilakukan 1. Untuk mengetahui pengaruh signifikan label
halal terhadap tingkat konsumsi masyarakat pada produk makanan dalam
kemasan di kecamatan Pontianak Barat. 2. Untuk mengetahui pengaruh signifikan
harga berpengaruh terhadap tingkat konsumsi masyarakat pada produk makanan
dalam kemasan di kecamatan Pontianak Barat. 3. Untuk mengetahui pengaruh
signifikan antara label halal dan harga terhadap tingkat konsumsi masyarakat pada
produk makanan dalam kemasan di kecamatan Pontianak Barat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
sedangkan data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan kuesioner
kepada masyarakat muslim di silayah kecamatan Pontianak Barat dengan sampel
sebanyak 110 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling. Untuk menganalisis penelitian, selanjutnya peneliti menggunakan alat
analisis yaitu program SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil analisis uji t menunjukkan Label Halal (X1)
berpengaruh negatif dan tidak signifkan terhadap tingkat konsumsi. Diketahui
bahwa nilai koefesien dan T hitung adalah negatif, namun t hitung < t tabel,
dengan angka -0,055 < 1,659. Harga (X2) berpengaruh positif dan signifkan
terhadap tingkat konsumsi. Diketahui bahwa nilai koefesien dan t hitung adalah
positif namun t hitung > t tabel, dengan angka 3.172 > 1,659. Hasil uji f, nilai
Fhitung sebesar 5.107 sedangkan nilai F table sebesar 2,30 (Fhitung > Ftabel)
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifkan secara simultan
antara variabel independen (label halal dan harga) terhadap tingkat konsumsi.
Hasil Adjusted R square 0,070 yang berarti 7,0%. Variabel terikat (dependen)
dapat dijelaskan oleh variasi variabel bebasnya (independen), sedangkan sisanya
93% dijelaskan oleh variasi variabel lain diluar penelitian ini.