Abstract:
Salah satu kebutuhan manusia yang mendasar adalah tempat tinggal atau
rumah. Rumah sebagai tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok
manusia selain pakaian dan makanan. Pengembang juga menawarkan kepada
konsumen dalam memilih perumahan yaitu dengan memanfaatkan media promosi
yang cukup efektif dan melakukan kegiatan dilingkungan masyarakat. Perumahan
Murbach Mansion termasuk dalam jenis perumahan konvensional sebab kredit
pemilikan rumah disediakan oleh bank konvensional yang diberikan pada
perorangan untuk keperluan pembelian beragam hunian seperti rumah, ruko, atau
rukan yang dijual oleh pengembang maupun non pengembang. Sebelum
melakukan pembelian, konsumen umumnya akan mencari informasi mengenai
rumah yang diinginkan, menilai, dan membandingkan Banyak faktor yang
mempengaruhi seseorang dalam memilih rumah. Salah satu faktor dalam memilih
tipe rumah adalah harga, pendapatan, dan selera dari masyarakat. Kesesuaian
harga dengan daya beli yang tepat akan dilirik oleh banyak konsumen
dikarenakan harga merupakan faktor yang sensitif akan permintaan. Pendapatan
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan. Semakin besar
pendapatan, maka semakin tinggi juga permintaan terhadap barang tersebut.
Selera konsumen sangat berpengaruh terhadap permintaan, maka dari itu penting
sekali jika ingin memulai usaha baru, pelaku usaha harus mengamati terlebih
dahulu target pasarnya. Apabila selera tersebut dapat dipenuhi oleh perusahaan
perumahan bersubsidi maka permintaan masyarakat akan perumahan bersubsidi
akan meningkat dan masyarakat akan melakukan pembelian.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal komparatif. Berdasarkan
teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling didapatkan sampel
sebanyak 57 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket)
dengan menggunakan skala likert dan menggunakan wawancara. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrumen data, uji asumsi
klasik, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f), dan uji koefisien determinasi (r2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh negatif dan
signifikan terhadap permintaan dengan nilai signifikan sebesar 0,012 < 0,05,
pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan dengan nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05, selera berpengaruh positif dan signifikan terhadap
permintaan dengan nilai signifikan sebesar 0,032 < 0,05, kemudian harga,
pendapatan, selera secara simultan berpengaruh terhadap permintaan dengan nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05.