Abstract:
Learning Loss merupakan kemunduran pengetahuan dan keterampilan secara
akademis. Learning loss diakibatkan oleh masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang
dilakukan karena pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan antara lain: 1) Untuk
mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada
siswa kelas XI IPS 4, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung yang dialami guru BK
dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPS 4, 3)
Untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi guru BK dalam mengatasi
learning loss pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPS 4.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif,
yaitu untuk menggambarkan serta menyebutkan mengenai upaya guru BK dalam
mengatasi learning loss pada siswa kelas XI IPS 4 pada pelajaran matematika. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi. Adapun subjek yang terlibat dalam penelitian ini, antara lain 3
sumber subjek utama yaitu guru BK 1 orang, guru Matematika 1 orang dan 5 orang
siswa dari kelas XI IPS 4 SMA Negeri 01 Sungai Ambawang. Penentuan 5 orang siswa
dilakukan dengan teknik purposif sampling, ke-5 siswa terbukti mengalami
kemunduran akademis (learning loss).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang telah dilakukan oleh
guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa, yaitu:
dengan melakukan layanan dasar bimbingan dan konseling. Jenis layanan berupa
bimbingan klasikal, konseling kelompok, konseling individu. Layanan konsultasi dan
konferensi kasus (koordinasi). 2) Beberapa faktor pendukung yang dialami guru BK
dalam mengatasi learning loss pada siswa, adalah kompetensi multikultural dan
kemampuan teknologi. 3) Beberapa faktor penghambat yang dialami guru BK dalam
mengatasi learning loss pada siswa, adalah kurangnya kepedulian orang tua dan
kondisi siswa yang kurang terbuka saat sesi konseling dilaksanakan.