UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 SUNGAI AMBAWANG KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yusriadi, Yusriadi
dc.contributor.advisor Fazny, Bella Yugi
dc.contributor.author Setiawati, Elva
dc.date.accessioned 2023-03-10T02:13:19Z
dc.date.available 2023-03-10T02:13:19Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2492
dc.description.abstract Learning Loss merupakan kemunduran pengetahuan dan keterampilan secara akademis. Learning loss diakibatkan oleh masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan karena pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan antara lain: 1) Untuk mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPS 4, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung yang dialami guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPS 4, 3) Untuk mengetahui faktor penghambat yang dihadapi guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa kelas XI IPS 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu untuk menggambarkan serta menyebutkan mengenai upaya guru BK dalam mengatasi learning loss pada siswa kelas XI IPS 4 pada pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek yang terlibat dalam penelitian ini, antara lain 3 sumber subjek utama yaitu guru BK 1 orang, guru Matematika 1 orang dan 5 orang siswa dari kelas XI IPS 4 SMA Negeri 01 Sungai Ambawang. Penentuan 5 orang siswa dilakukan dengan teknik purposif sampling, ke-5 siswa terbukti mengalami kemunduran akademis (learning loss). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang telah dilakukan oleh guru BK dalam mengatasi learning loss pelajaran matematika pada siswa, yaitu: dengan melakukan layanan dasar bimbingan dan konseling. Jenis layanan berupa bimbingan klasikal, konseling kelompok, konseling individu. Layanan konsultasi dan konferensi kasus (koordinasi). 2) Beberapa faktor pendukung yang dialami guru BK dalam mengatasi learning loss pada siswa, adalah kompetensi multikultural dan kemampuan teknologi. 3) Beberapa faktor penghambat yang dialami guru BK dalam mengatasi learning loss pada siswa, adalah kurangnya kepedulian orang tua dan kondisi siswa yang kurang terbuka saat sesi konseling dilaksanakan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Guru BK en_US
dc.subject siswa en_US
dc.subject learning loss en_US
dc.subject matematika en_US
dc.title UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI LEARNING LOSS PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 SUNGAI AMBAWANG KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account