Abstract:
Pada saat ini banyak sekali kecurangan yang sering terjadi di kalangan
akademik yang salah satunya terdapat pada universitas, hal ini terjadi dikarenakan
adanya beberapa faktor sehingga mahasiswa melakukan tindakan kecurangan
akademik. Untuk menghindari hal tersebut maka diperlukannya tindakan-tindakan
penanganan agar tidak terjadinya kecurangan akademik khususnya pada
mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
IAIN Pontianak. Dengan adanya penanganan tersebut akan meminimalisir suatu
tindakan kecurangan pada mahasiswa Akuntansi Syariah. Para mahasiswa
Akuntansi Syariah yang tidak melakukan tindakan kecurangan semasa akademik
maka kelak ketika telah terjun ke dunia kerja para alumi juga tidak akan
melakukan kecurangan. Hal inilah yang akan menjadi pandangan baik terhadap
program studi ataupun universitas karna mampu mencetak para alumni yang jujur.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Memberikan bukti empiris pengaruh
tekanan terhadap kecurangan akademik, 2) Memberikan bukti empiris pengaruh
kesempatan terhadap kecurangna akademik, 3) Memberikan bukti empiris
pengaruh rasionalisasi terhadap kecurangan akademik, dan 4) Memberikan bukti
empiris pengaruh kemampuan terhadap kecurangan akademik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif
degan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa
angkatan 2017-2019 Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam IAIN Pontianak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini
menggunakan convenience sampling, sehingga mendapatkan 218 responden. Data
yang didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tekanan tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan akademik, 2) kesempatan tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan akademik, 3)
rasionalisasi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kecurangan akademik,
dan 4) kemampuan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan
akademik. Hasil nilai signifikan tekanan sebesar 0,645, kesempatan sebesar 0,634,
rasionalisasi sebesar 0,619, dan kemampuan sebesar 0,128.