dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah yeng terdiri dari:
Pertama, Bagaimana hasil belajar tanpa menggunakan media komik Kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baiturrahman Sungai Ambawang. Kedua, Bagaimana
penggunaan media komik dalam hasil belajar Kelas V Madrasah Ibtidaiyah
Swasta Baiturrahman Sungai Ambawang. Ketiga, Apakah terdapat pengaruh
media komik terhadap hasil belajar Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Baiturrahman Sungai Ambawang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Lokasi penelitian ini bertempat
di MIS Baiturrahman sungai ambawang dengan sumber datanya adalah anak kelas
V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi,
pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi
dan lembar tes.
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: Pertama, Kemampuan
hasil belajar siswa pada saat pretes memiliki rata-rata sebesar 57 dan pada saat
posttest mengalami peningkatan sebesar 29 menjadi 86. Hasil analisis uji N-gain
skor adalah 0,6927 termasuk dalam kategori sedang yang berarti pembelajaran
efektif jika menerapkan penggunaan Media Komik. Kedua, Penggunaan Media
Komik dalam Hasil Belajar Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Baiturrahman
Sungai Ambawang termasuk kategori “Sangat Baik” karena seluruh langkahlangkah dilaksanakan maka hal tersebut sama artinya dengan terlaksana 100%.
Ketiga, Penggunaan Media Komik berpengaruh secara signifikan terhadap
kemampuan hasil belajar siswa dengan signifikansi 0,000. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan
Media komik terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Baiturrahman Sungai
Ambawang. |
en_US |