Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Internal
(Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix) yang di gunakan Bank
Mega Syaiah Cabang Pontianak pada Produk Tabungan Haji IB. Strategi
pemasaran yang baik adalah suatu strategi dengan pencapaian posisi secara tepat.
Untuk mencapai posisi tersebut maka Bank Mega Syariah menggunakan staretegi
pemasaran internal (segmenting, targeting, positioning dan marketing mix) dalam
memasarkan produknya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi,
dokumentasi dan gabungan atau triangulasi. Mengolah data dilakukan secara
sistematis. Setelah dilakukan pengolahan data, maka dilakukan analisis data.
Hasil penelitian menunjukan strategi yang digunakan Bank Mega Syariah
dalam penentuan strategi pemasaran internal produk Pabungan Haji iB khususnya
pada segmentasi pasar, Bank Mega Syariah Cabang Kota Pontianak menekankan
pada aspek geografis (wilayah) dan demografis (usia). Kemudian penentuan
Startegi pemasaran internal pada target pasar Bank Mega Syariah lebih
menekankan pada spesialisasi pasar, artinya pihak bank tidak menargetkan
golongan nasabah produk tabungan Haji IB. Bank Mega Syariah hanya fokus
untuk melayani banyak kebutuhan dari semua kelompok. Lalu penentuan strategi
pemasaran internal pada posisi pasar yang diambil oleh bank mega syariah cabang
kota Pontianak pada tabungan Haji iB, menekankan pada keunggulan produk
tabungan Haji IB dan strategi pemasaran marketing mix (bauran pemasaran) bank
mega syariah cabang Kota Pontianak pada produk Tabungan Haji iB menekankan
pada stategi produk (product).
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan hasil bahwa Bank Mega Syariah
menggunakan strategi pemasaran internal pada aspek segmenting lebih
memfokuskan pada tempat dan usia, kemudian di aspek targeting lebih
menekankan pada spesialiasasi pasar, terus diaspek posisi pasar Bank Mega
Syariah lebih mengutamakan menjual produk tabungan haji IB kepada nasabah,
dan untuk aspek marketing mix (bauran pemasaran) Bank Mega Syariah sangat
menekankan pada produk yang mereka tawarkan yaitu produk Tabungan Haji IB.