ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INTERNAL (SEGMENTING, TARGETTING, POSITIONING DAN MARKETING MIX) PRODUK TABUNGAN HAJI IB DI BANK MEGA SYARIAH CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ariza, Anggatia
dc.contributor.advisor Anwari, M. Khairul
dc.contributor.author Lestari, Tika Diah
dc.date.accessioned 2023-03-07T07:26:39Z
dc.date.available 2023-03-07T07:26:39Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2464
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran Internal (Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix) yang di gunakan Bank Mega Syaiah Cabang Pontianak pada Produk Tabungan Haji IB. Strategi pemasaran yang baik adalah suatu strategi dengan pencapaian posisi secara tepat. Untuk mencapai posisi tersebut maka Bank Mega Syariah menggunakan staretegi pemasaran internal (segmenting, targeting, positioning dan marketing mix) dalam memasarkan produknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan gabungan atau triangulasi. Mengolah data dilakukan secara sistematis. Setelah dilakukan pengolahan data, maka dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan strategi yang digunakan Bank Mega Syariah dalam penentuan strategi pemasaran internal produk Pabungan Haji iB khususnya pada segmentasi pasar, Bank Mega Syariah Cabang Kota Pontianak menekankan pada aspek geografis (wilayah) dan demografis (usia). Kemudian penentuan Startegi pemasaran internal pada target pasar Bank Mega Syariah lebih menekankan pada spesialisasi pasar, artinya pihak bank tidak menargetkan golongan nasabah produk tabungan Haji IB. Bank Mega Syariah hanya fokus untuk melayani banyak kebutuhan dari semua kelompok. Lalu penentuan strategi pemasaran internal pada posisi pasar yang diambil oleh bank mega syariah cabang kota Pontianak pada tabungan Haji iB, menekankan pada keunggulan produk tabungan Haji IB dan strategi pemasaran marketing mix (bauran pemasaran) bank mega syariah cabang Kota Pontianak pada produk Tabungan Haji iB menekankan pada stategi produk (product). Dari hasil analisis data dapat disimpulkan hasil bahwa Bank Mega Syariah menggunakan strategi pemasaran internal pada aspek segmenting lebih memfokuskan pada tempat dan usia, kemudian di aspek targeting lebih menekankan pada spesialiasasi pasar, terus diaspek posisi pasar Bank Mega Syariah lebih mengutamakan menjual produk tabungan haji IB kepada nasabah, dan untuk aspek marketing mix (bauran pemasaran) Bank Mega Syariah sangat menekankan pada produk yang mereka tawarkan yaitu produk Tabungan Haji IB. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Segmenting en_US
dc.subject Targeting en_US
dc.subject Positioning en_US
dc.subject Marketing Mix en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN INTERNAL (SEGMENTING, TARGETTING, POSITIONING DAN MARKETING MIX) PRODUK TABUNGAN HAJI IB DI BANK MEGA SYARIAH CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account