Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pelayanan bank
syariah pada saat pandemi covid-19 dan untuk mengetahui tanggapan nasabah
tentang pelayanan Bank Syariah Indonesia pada saat pandemi.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah member check. Data
yang diperoleh adalah hasil dari wawancara nasabah Bank Syariah Indonesia dan
PIC BSI.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perubahan pelayanan Bank Syariah
Indonesia pada saat pandemi yaitu pihak bank lebih meningkatkan pada sistem
pelayanan online dan menambah fitur diaplikasi BSI Mobile, seperti mengubah
pelayanan yang awalnya menggunakan slip diganti menjadi webform dan
menambah fitur baru yaitu buka rekening online. Tanggapan nasabah terhadap
pelayanan Bank Syariah Indonesia pada saat pandemi cukup baik, karena dengan
adanya peningkatan pada sistem pelayanan online dan adanya penambahan fitur
baru maka akan mempermudah dan mempercepat transaksi yang akan dilakukan
nasabah dengan fitur yang lengkap dan bisa dilakukan dimana dan kapan saja.