Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
membaca Al-Quran siswa dengan menggunakan strategi Al-Qiraah
Jahriyah (membaca nyaring) pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah
Babussa’adah Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara tahun pelajaran
2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model
penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian tindakan kelas terdapat
empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Sebagai subsek penelitian ini adalah sIswa kelas X Madrasah
Aliyah Babussa’adah Tahun 2021/2022, sejumlah 26 orang. Teknik
pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes membaca dan
dokumentasi serta menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini
strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) telah dilaksanakan
dengan baik dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi serta kelemahan yang terdapat pada silkus 1 diperbaiki
disiklus II dan membuat proses pembelajaran lebih baik dan
menyenangkan. Hasil belajar sebelum menerapkan strategi Al-Qiraah
Jahriyah (membaca nyaring) rata-rata siswa memperoleh nilai 66,15
dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah sebesar 55, dari 26 orang
siswa hanya 11 orang (42%) yang dalam kategori tuntas dan 15
orang(58%) dalam kategori tidak tuntas. selanjutnya Pada penelitian
tindakan siklus I peneliti menerapkan strategi Al-Qiraah Jahriyah
(membaca nyaring) pada proses pembelajaran, Hasil belajar dari 26
siswa terdapat 18 (69%) orang yang tuntas dan 8 (31%) orang yang
tidak tuntas. Nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata
71,73. Pada siklus II dari 26 siswa terdapat 24 siswa (92%) tuntas dan 2
orang siswa (8%) yang tidak tuntas dengan nilai tertinggi 90 dan nilai
terendah 65 dengan rata-rata nilai 77,50. Untuk itu selisih dari siklus
satu ke siklus dua adalah sebesar 5,77.