PENERAPAN STRATEGI QIRA’AH JAHRIYAH (MEMBACA NYARING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH BABUSSA’ADAH TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.author Juniarti, Devi
dc.date.accessioned 2023-03-03T06:00:31Z
dc.date.available 2023-03-03T06:00:31Z
dc.date.issued 2022-08-31
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2448
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa dengan menggunakan strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) pada siswa kelas X di Madrasah Aliyah Babussa’adah Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian tindakan kelas terdapat empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sebagai subsek penelitian ini adalah sIswa kelas X Madrasah Aliyah Babussa’adah Tahun 2021/2022, sejumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes membaca dan dokumentasi serta menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) telah dilaksanakan dengan baik dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi serta kelemahan yang terdapat pada silkus 1 diperbaiki disiklus II dan membuat proses pembelajaran lebih baik dan menyenangkan. Hasil belajar sebelum menerapkan strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) rata-rata siswa memperoleh nilai 66,15 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah sebesar 55, dari 26 orang siswa hanya 11 orang (42%) yang dalam kategori tuntas dan 15 orang(58%) dalam kategori tidak tuntas. selanjutnya Pada penelitian tindakan siklus I peneliti menerapkan strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) pada proses pembelajaran, Hasil belajar dari 26 siswa terdapat 18 (69%) orang yang tuntas dan 8 (31%) orang yang tidak tuntas. Nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55 dengan rata-rata 71,73. Pada siklus II dari 26 siswa terdapat 24 siswa (92%) tuntas dan 2 orang siswa (8%) yang tidak tuntas dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65 dengan rata-rata nilai 77,50. Untuk itu selisih dari siklus satu ke siklus dua adalah sebesar 5,77. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Quran en_US
dc.subject Strategi Al-Qiraah Jahriyah (membaca nyaring) en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI QIRA’AH JAHRIYAH (MEMBACA NYARING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH BABUSSA’ADAH TELUK BATANG KABUPATEN KAYONG UTARA 2021/2022 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account