Abstract:
Yang melatar belakangai sakrpsi ini karena ketertarikan
peneliti terhadap kemampuan pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru PAI Sekolah dasar di Kecamatan Simpang
Hilir. Didalam pelaksanaanya apakah setiap komponen-komponen
yang terdapat pada kegiatan awal, inti dan penutup sudah dilakukan
guru atau tidak. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui kemampuan
guru dalam membuka kegiatan awal, inti dan penutup saat
melaksanakan pembelajaran.
Untuk memperoleh data yang diperlukan peneliti
menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriftif. Yang menjadi
subjek peneliaian dalam penelitian ini ialah guru PAI kelas IV di
Sekolah dasar di Kecamatan Simpang Hilir. Teknik yang digunakan
ialah observasi dan dokumentasi dan tenik analisis yang digunakan
anailisi Deskriftif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh maka
peneliti menyimpulkan bahwa : 1) kemampuan Guru membuka
pembelajaran PAI di Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Kayong
Utara Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat dikatagorikan “cukup
mampu” karena memperoleh hasil penelitian 62,34%. 2) Bagaimana
kemampuan guru dalam melaksanakan kegitan inti pembelajaran PAI
di Kelas IV Di Sekolah Dasar di Kabupaten Kayong Utara Tahun
Pelajaran 2021/2022 dikatagorikan “mampu” karena memperoleh
hasil 82,40%. 3) kemampuan guru dalam menutup pembelajaran PAI
Di Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Kayong Utara Tahun
Pelajaran 2021/2022 dikatagorikan “tidak mampu” karena
memperoleh hasil 57,40%.