Abstract:
Penelitian ini berlatar belakangi di mana peneliti melihat mengelola kelas
bukanlah hal yang mudah dihadapi oleh guru dan pada usia sekolah dasar siswa
tersebut lebih banyak main dari pada belajar. Oleh karena itu guru bukan hanya
mampu menyampaikan materi pelajaran saja akan tetapi guru harus mampu
mengelola kelas, hal ini diterapkan agar proses belajar berjalan dengan baik dan
optimal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: 1) Bagaimana keterampilan
guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada kelas
V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas
Hulu. 2) Bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan kondisi belajar
yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut
Hilir Kabupaten Kapuas Hulu.
Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di SD Negeri 03 Nanga
Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Sumber data dalam
penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di V SD yang merupakan
sumber utama dan Wali kelas merupakan sumber kedua. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan
keabsahan data pada penelitian ini adalah perpanjang pengamatan, meningkatkan
ketekunan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam
menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD
Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu
sudah baik dan terampil, karena guru bersikap tanggap, membagi perhatian dan
memusatkan perhatian kelompok pada saat mengajar. 2) Keterampilan guru dalam
mengembangkan kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga
Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu sudah baik dan
terampil. Karena guru mampu meningkatkan perilaku baik, menangani masalah,
dan menemukan dan mengatasi masalah yang ditimbulkan ketika proses belajar
berlangsung.