KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 03 NANGA EMPANGAU KECAMATAN BUNUT HILIR KABUPATEN KAPUASHULU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhammad, Marsih
dc.contributor.advisor Susanto, Rizki
dc.contributor.author Hasanah, Laili
dc.date.accessioned 2023-03-03T03:01:09Z
dc.date.available 2023-03-03T03:01:09Z
dc.date.issued 2022-07-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2442
dc.description.abstract Penelitian ini berlatar belakangi di mana peneliti melihat mengelola kelas bukanlah hal yang mudah dihadapi oleh guru dan pada usia sekolah dasar siswa tersebut lebih banyak main dari pada belajar. Oleh karena itu guru bukan hanya mampu menyampaikan materi pelajaran saja akan tetapi guru harus mampu mengelola kelas, hal ini diterapkan agar proses belajar berjalan dengan baik dan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang: 1) Bagaimana keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. 2) Bagaimana keterampilan guru dalam mengembangkan kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif. Lokasi penelitian di SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di V SD yang merupakan sumber utama dan Wali kelas merupakan sumber kedua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini adalah perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan guru dalam menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu sudah baik dan terampil, karena guru bersikap tanggap, membagi perhatian dan memusatkan perhatian kelompok pada saat mengajar. 2) Keterampilan guru dalam mengembangkan kondisi belajar yang optimal pada kelas V SD Negeri 03 Nanga Empangau Kecematan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu sudah baik dan terampil. Karena guru mampu meningkatkan perilaku baik, menangani masalah, dan menemukan dan mengatasi masalah yang ditimbulkan ketika proses belajar berlangsung. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan Guru en_US
dc.subject Pengelolaan Kelas en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD NEGERI 03 NANGA EMPANGAU KECAMATAN BUNUT HILIR KABUPATEN KAPUASHULU en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account